Rusia Akan Tempatkan Iveco LMV di Selatan

Kompas.com - 14/03/2012, 22:41 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MOSKWA, KOMPAS.com — Angkatan Bersenjata Rusia berencana menempatkan kendaraan lapis baja serba guna Iveco LMV, yang dibeli dari Italia, di kawasan selatan negara itu. Kendaraan tersebut diharapkan mulai datang tahun ini.

Rusia menandatangani kontrak pengadaan kendaraan Iveco LMV M65, atau populer dengan sebutan Lince (lynx atau kucing hutan), itu, dengan pihak Iveco Defense Vehicles pada Desember 2011. Sebanyak 57 unit pertama akan dikirim sebelum akhir tahun ini.

Sekretaris pers Kementerian Pertahanan Rusia, Irina Kovalchuk, Rabu (14/3/2012), mengatakan, sebagian besar kendaraan lapis baja tersebut akan dikirim ke Distrik Militer Selatan. Distrik militer itu meliputi kawasan Kaukasus Utara yang rawan konflik.

Rusia menyepakati pembelian kendaraan perang dari negara anggota NATO tersebut, dengan syarat produksinya akan dikerjakan bersama dengan pihak Rusia. Pada tahap awal, kendaraan itu akan diimpor dalam kondisi semi terurai (semi knocked down) untuk dirakit di pabrik perakitan di Voronezh, Rusia, dengan kandungan lokal baru sebesar 10 persen.

Dalam rencana perjanjian kerja sama ini, kandungan lokal Rusia pada Iveco LMV akan menjadi 50 persen pada 2014. Rusia berencana membeli sedikitnya 1.775 unit kendaraan ini dalam lima tahun mendatang.

Iveco LMV dilengkapi enam lapis pelindung, termasuk lapisan perisai dari bahan keramik. Mobil tersebut diklaim bisa menahan ledakan ranjau antitank dan antipersonel. (RIA Novosti/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.