Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Antarsuku Tewaskan 200 Orang

Kompas.com - 13/03/2012, 10:13 WIB

KHARTOUM, KOMPAS.com - Sedikitnya 200 orang tewas dan lebih dari 150 orang lagi cedera dalam bentrokan baru antarsuku di Negara Bagian Jonglei, Sudan Selatan, kata beberapa pejabat Senin (12/3/2012).

"Sebanyak 223 orang tewas dalam bentrokan suku akibat sengketa mengenai ternak," kata Gubernur Negara Bagian Jonglei, Sudan Selatan Kuol Manyang melalui telepon kepada Xinhua.

"Bentrokan suku terjadi pada Jumat (9/3/2012) dan Sabtu antara suku Murle dan Nuer, saat lebih dari 300 perempuan dan anak kecil diculik selain penjarahan sapi milik suku Nuer," kata Gubernur Manyang.

Sementara itu, juru bicara Tentara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA), Philip Aguer mengatakan di dalam satu pernyataan satuan SPLA telah tiba di daerah sengketa dan tentara telah melakukan tindakan guna mengendalikan situasi.

Bentrokan suku mengenai ternak telah meningkat belakangan ini di Sudan Selatan, sehingga merenggut nyawa ratusan sipil.
Menurut perkiraan PBB, bentrokan antar-suku di Sudan Selatan telah mengakibatkan tewasnya lebih dari 3.000 orang pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com