Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Afganistan Tak Sebanding Biayanya

Kompas.com - 12/03/2012, 11:43 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebanyak 60 persen warga AS percaya, perang di Afghanistan tidak sebanding dengan biaya perang itu, dan dalam persentase yang hampir sama menganjurkan penarikan lebih awal pasukan AS dari negara itu, demikian hasil sebuah jajak pendapat baru.

Survei yang dilakukan ABC News dan The Washington Post itu menunjukkan, jumlah orang yang skeptis hampir dua kali lipat dari 35 persen orang yang mengatakan bahwa upaya selama satu dekade itu sebanding dengan biaya dan nyawa yang hilang.

Secara keseluruhan, 54 persen warga AS ingin menarik pasukan AS dari Afghanistan bahkan walaupun tentara Afganistan tidak cukup terlatih untuk melanjutkan tugas yang akan ditinggal tentara AS, kata survei tersebut.

Sekitar enam dari 10 anggota Partai Demokrat dan independen mendukung posisi tersebut, kata jajak pendapat itu. Di kalangan Partai Republik, empat dari 10 orang mengambil posisi yang sama.

Hanya 30 persen orang Amerika yang percaya bahwa rakyat Afganistan mendukung strategi AS saat ini di negara mereka, kata survei itu. AS dan sekutu NATO-nya berencana untuk menarik pasukan mereka dari Afganistan pada akhir 2014, kemudian menyerahkan operasi keamanan kepada tentara Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com