Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Yoga Menurunkan Stres

Kompas.com - 10/03/2012, 11:52 WIB

Kompas.com - Manfaat kesehatan dari yoga sudah banyak diketahui. Selain yang bersifat fisik seperti mengurangi nyeri kronik atau membuat tidur lebih nyenyak, rutin berlatih yoga juga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres.

Sekelompok peneliti dalam laporannya di jurnal Medical Hypotheses, mengatakan berhasil menemukan kaitan antara yoga dengan stres. Hal ini ternyata berhubungan dengan pengaruh yoga pada otak.

"Yoga memang menurunkan stres karena gerakan-gerakan yoga ternyata bisa memperbaiki ketidaseimbangan sistem saraf," kata ketua peneliti Dr.Chris Streeter, profesor psikiatri dari Boston University School of Medicine.

Ia dan timnya menemukan bahwa saat seseorang mengalami stres, terjadi ketidakseimbangan di area otak. Gangguan keseimbangan itu termasuk rendahnya aktivitas di area otak yang disebut gamma amino-butyric acid (GABA). Ketidaktifan GABA ini juga ditemui pada penderita epilepsi, nyeri kronik, depresi dan kecemasan.

"Yoga diketahui meningkatkan aktivitas GABA sehingga gejala-gejala stres berkurang," katanya.

Meski penelitian ini masih bersifat awal, namun para peneliti berharap kelak yoga bisa diintegrasikan dengan pengobatan medis. Beberapa studi juga telah mengaitkan manfaat yoga terhadap kesehatan mental.

Penelitian lain yang dipublikasikan awal tahun ini menunjukkan yoga bisa dipraktikkan sebagai cara preventif untuk mengajarkan anak-anak sekolah mengendalikan rasa amarah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com