Obama: Situasi di Suriah Memilukan

Kompas.com - 07/03/2012, 15:12 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama menggambarkan situasi di Suriah "memilukan" tetapi mengatakan bahwa intervensi militer AS akan menjadi sebuah kesalahan.

Obama mengatakan Presiden Bashar al-Assad akan jatuh, seperti dikator lain yang jatuh, tetapi AS akan mencoba untuk meraihnya dengan mengisolasi Suriah. Sementara di Suriah, kekerasan terus terjadi dan semakin banyak korban tewas di sejumlah wilayah Suriah.

Komunitas internasional kemudian terpecah dalam mencari cara untuk mengakhiri kekerasan di Suriah. PBB mengatakan lebih dari 7.500 orang tewas akibat kekerasan di Suriah selama 12 tahun.

Dalam konferensi pers pertama di tahun 2012, Obama memperingatkan kritiknya untuk tidak melupakan biaya perang. Dia menolak perbandingan dengan Libia, dan mengatakan masalah Suriah lebih sulit.

Di Libya, pemberontak didukung oleh serangan udara Nato setelah beberapa bulan kerusuhan untuk menggulingkan Kolonel Muammar Khadafy, dan AS telah "bekerjasama penuh di wilayah itu," kata Presiden. "Gagasan bahwa cara untuk menyelesaikan setiap masalah adalah dengan mengirimkan militer kami, tidak diketahui kebenarannya dimasa lalu dan tidak benar untuk saat ini," kata Obama.

"Kami harus berpikir keras bahwa kami lakukan akan efektif - tetapi juga melalui kepentingan keamanan AS."

Senin lalu, Senantor AS John McCain - saingan Obama pada pemilu presiden 2008 lalu- meminta AS melakukan serangan udara terhadap pasukan Suriah.

Pasukan keamanan Suriah melanjutkan serangan di kota-kota yang menjadi basis pemberontak pada Selasa (7/3), seperti disampaikan oleh aktivis, sementara Presiden Assad mengatakan sedang berperang melawan "teroris".

Seorang anak laki-laki dan lima tentara dilaporkan tewas dalam serangan di selatan Kota Herak, basis Tentara Pembebasan Suriah FSA.

Bantuan kemanusiaan

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.