Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopassus Ajak Mahasiswa Ekpedisi ke Kalimantan

Kompas.com - 06/03/2012, 21:59 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komado Pasukan Khusus (Kopassus) berencana melaksanakan ekspedisi ke Kalimantan bersama para mahasiswa Indonesia yang berminat. Paparan tentang kerja besar itu akan dilakukan Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya di ruang rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/3/2012).

Acara tersebut juga diisi dengan penanaman 2.000 bibit pohon di kawasan hutan kota Kampus UI oleh prajurit Kopassus dan civitas akademika UI yang sudah dimulai hari ini.

Rencana kegiatan tersebut diinformasikan Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati, Selasa (6/2/2012). ”Kami sangat menyambut rencana ekspedisi Kalimantan ini yang akan berlangsung 3,5 bulan. Sebab, program ini sangat sinergis dengan program UI seperti kuliah kerja nyata di 12 titik terluar yang sudah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut,” jelasnya.

Mengenai ekpedisi Kalimantan, Mayor Munir dari Penerangan Kopassus mengatakan, ekspedisi ini akan mengajak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang berminat. Persiapan dan penggemblengan peserta ekspedisinya akan dilakukan di Situ Lembang mulai 17 Maret mendatang.

”Kalau ekspedisinya sendiri akan berlangsung mulai April. Tahun lalu kami bersama mahasiswa melakukan Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera,” katanya.

Sedangkan mengenai penanaman pohon juga merupakan bentuk kepedulian Kopasuss dalam upaya berpartisipasi dalam memerangi pemanasan global.

Bibit pohon yang ditanam merupakan kerja sama Kopassus dengan lembaga swadaya masyarakat pecinta lingkungan hidup Budiasih di Bogor. Jenis bibit pohon yang ditaman dalam acara itu, antara lain, meranti, jambon, sengon, trembesi, tabebuya, dan rasamala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com