Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senator AS Serukan Serangan Udara ke Suriah

Kompas.com - 06/03/2012, 11:14 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Senator senior Partai Republik, John McCain, Senin (5/3/2012), menyerukan serangan udara AS terhadap pasukan Suriah guna melindungi pusat permukiman dan menciptakan daerah aman bagi penentang pemerintah.

McCain, yang kalah dari Presiden Barack Obama dalam pemilihan umum 2008, mengatakan, meskipun Gedung Putih layak mendapat banyak pujian karena membantu membangun upaya global guna mengucilkan Presiden Bashar al-Assad, sudah tiba waktunya bagi satu kebijakan baru. Pidato McCain disampaikan saat pasukan Suriah mengebom kota Rastan, dan melanjutkan pembantaian terhadap pemrotes antipemerintah yang meletus setahun lalu, dan dikatakan PBB telah menewaskan lebih dari 7.500 orang.

"Waktu hampir habis," kata McCain, tokoh hawkish (punya orientasi politik agresif) mengenai Suriah dan Iran, dalam pernyataan di Senat. "Memberi bantuan militer kepada Tentara Suriah Bebas dan kelompok lain oposisi perlu dilakukan, tapi pada saat mendesak ini, itu saja tak cukup untuk menghentikan pembunuhan dan menyelamatkan nyawa warga yang tak berdosa. Satu-satunya cara yang realistis ialah dengan kekuatan udara asing," kata McCain.

Ia mendesak Amerika Serikat agar bergabung dengan negara Arab, serta mitra yang bersedia di Uni Eropa serta NATO, terutama tetangga Suriah, Turki.

Atas permintaan oposisi Suriah, McCain mengatakan, "Amerika Serikat mesti memimpin upaya internasional guna melindungi pusat utama permukiman di Suriah, terutama di bagian utara negeri itu, melalui serangan udara terhadap pasukan (Bashar) al-Assad. Untuk lebih jelas, ini akan membuat Amerika Serikat perlu menekan pertahanan udara musuh setidaknya di satu bagian negeri tersebut," katanya.

Sejauh ini, baik pemerintah Presiden Barack Obama maupun anggota parlemen dari Partai Demokrat belum mengangkat kemungkinan aksi militer di Suriah. Meskipun ia memuji upaya Obama karena membidik Bashar, dan mengatakan ia memahami mengapa Pemerintah AS enggan bertindak di luar diplomasi serta sanksi, ia juga mengatakan pendekatan saat ini tak mencerminkan kenyataan di lapangan.

"Sayangnya, kebijakan ini semakin terputus dari kondisi menyedihkan di lapangan di Suriah, yang telah menjadi negara dengan konflik bersenjata yang berskala luas," kata McCain. McCain berkilah Amerika Serikat akan mengalami kekalahan strategis dan moral jika Bashar berhasil mempertahankan kekuasaannya, dan mengatakan aksi militer diperlukan untuk menggerakkan peralihan melalui perundingan.

"Apa yang diperlukan kelompok oposisi di Suriah ialah kelegaan dari pengepungan artileri dan tank (Bashar) al-Assad di banyak kota yang masih menjadi perebutan," ia mengatakan.

Ia menyatakan, tempat aman yang dilindungi oleh kekuatan udara akan memungkinkan Tentara Suriah Bebas dan kelompok bersenjata lain untuk melatih dan mengatur diri mereka, serta memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan serta militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com