Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Beri Jaminan pada Israel

Kompas.com - 06/03/2012, 02:13 WIB

Kairo, Kompas - Presiden AS Barack Obama memberi lampu hijau untuk segara dilancarkan serangan militer ke Iran terkait program nuklir. Obama mengatakan itu, Minggu (4/3), saat berbicara di depan Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC) di Washington.

Namun, Obama mengatakan terlalu dini berbicara soal perang saat ini karena hanya menguntungkan rezim Iran melalui kenaikan harga minyak. Ini justru bisa digunakan untuk membiayai program nuklir mereka.

Obama bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih, Senin, di Washington DC. Mereka mendiskusikan isu nuklir Iran. Presiden AS itu menegaskan masih ada peluang diplomasi disertai tekanan tertentu.

Namun, ditegaskan, AS dan Israel meyakini bersama bahwa Iran belum memiliki senjata nuklir. Akan tetapi, kedua negara tersebut siaga penuh dan terus memantau program nuklir Iran.

Menurut Obama, adalah keharusan untuk menghadapi isu program nuklir Iran dengan opsi diplomasi. Akan tetapi, semua opsi tetap terbuka, termasuk penggunaan kekuatan militer.

Obama menegaskan, kebijakan AS terhadap Iran bukan sekadar menyangga, tetapi benar-benar untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir. AS tidak akan ragu menggunakan kekuatan militer bila diperlukan untuk melindungi kepentingan AS.

Obama mencoba menenangkan Israel dan lobi Yahudi di AS. Dia menyatakan, Iran yang memiliki senjata nuklir mengancam keamanan nasional AS dan Israel, serta memperkuat antek- antek Iran yang sering melancarkan serangan terorisme.

PM Benjamin Netanyahu memuji pidato Obama.

Otoritas Iran sendiri selama ini selalu menegaskan bahwa program nuklir hanya untuk tujuan damai, bukan memproduksi senjata nuklir.

Dalam beberapa pekan ini, spekulasi Israel akan melancarkan serangan ke Iran semakin kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com