Ingin Pecahkan Rekor Dikubur, Malah Mati

Kompas.com - 05/03/2012, 22:15 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

KOLOMBO, KOMPAS.com — Janaka Basnayake (24) dinyatakan meninggal dunia setelah  berupaya memecahkan rekor paling lama dikubur hidup-hidup, Senin (5/3/2012). Polisi Sri Lanka, sebagaimana dikutip kantor berita AP, melaporkan bahwa Janaka tewas setelah lebih dari enam jam dikubur hidup-hidup di desanya.

Kejadian tragis ini berlangsung akhir pekan lalu. Sanak keluarga dan teman-teman Janaka menguburkan pria ini. Tubuhnya hanya dilindungi dengan kayu dan daun di Kota Kantale, sekitar 220 kilometer utara ibu kota Kolombo. Surat kabar lokal melaporkan, pria naas ini dikubur dalam liang sedalam tiga meter.

Janaka mulai dikubur sekitar pukul 09.30 pada Sabtu. Menurut polisi, ketika pria ini dikeluarkan pada pukul 16.00, kondisinya pingsan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit setempat. Namun, setibanya di sana, petugas menyatakan dia sudah meninggal dunia.

Dokter DG Costa dari RS Kantale mengatakan, belum bisa ditetapkan apa penyebab kematian  Janaka. Sebuah penyidikan lebih lanjut akan dilakukan. Namun, ada dugaan pria ini kehabisan oksigen.

Ibunda Janake, LD Leelawathi, mengemukakan, putranya selalu melakukan tindakan-tindakan yang tak lazim sejak masa kecilnya. Sebagaimana dikutip surat kabar lokal, Lankadeepa, ulah yang unik ini terutama selalu dilakukan berkaitan dengan film yang ditontonnya.

Sebelum kejadian ini, ujar Leelawathi, putranya sudah dua kali melakukan aksi dikubur hidup-hidup selama dua setengah jam dan lainnya hampir enam jam. Semuanya berjalan sukses.

Sejauh ini belum jelas berapa rekor resmi dunia dalam urusan paling lama dikubur hidup-hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Polisi menegaskan, Janake ini adalah anggota Kesatuan Pertahanan Sipil, sebuah unit di bawah kepolisian setempat yang ikut berperang selama aksi perang saudara di Sri Lanka selama 25 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.