Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Perbatasan Timor Leste Menyedihkan

Kompas.com - 05/03/2012, 16:49 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Di tengah gencarnya pemerintah memprioritaskan peningkatan kualitas pendidikan, masih ada sekolah yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Salah satunya adalah SDN Sontoi yang terletak di Desa Sontoi, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, di mana bangunan sekolah itu mirip kandang ayam.

Sekolah yang dibangun sejak tahun 2002 itu hanya memiliki empat ruang kelas. Dua ruangannya sudah dibangun permanen diisi oleh murid kelas I sampai IV, sedangkan dua ruangan lainnya yang masih berlantai tanah ditempati oleh murid kelas V dan VI.

Dengan jumlah ruangan yang terbatas tersebut, dengan terpaksa guru-guru memakai rumah dinas kepala sekolah untuk dijadikan ruang guru. Jumlah siswa sebanyak 76 orang dan jumlah guru sebanyak 12 orang.

Kepala Sekolah SDN Sontoi, Marselinus Loka, ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/3/2012), mengaku kalau kondisi sekolah mereka tersebut berdampak pada kualitas proses belajar-mengajar.

"Kami kewalahan pada musim hujan karena ruang kelas pasti akan digenangi air akibat atap yang bocor dan juga tidak adanya tanggul penahan di depan ruang kelas yang berlantai tanah sehingga dua ruang ini menjadi tempat penampung air hujan dan banjir," jelas Loka.

Selain kedua ruangan yang rusak itu, menurut Loka, ruangan untuk guru juga sangat sempit karena dan banyak bolong di ventilasi dan atap sehingga banyak peralatan di dalam kantor sering menjadi sasaran empuk pencuri.

"Sekolah kami sudah berulang kali dikunjungi oleh pejabat dari kabupaten, provinsi, bahkan pusat, tapi bantuan untuk perbaikan sekolah tak kunjung direalisasi sehingga kami hanya pasrah dengan kondisi ini," urai Loka.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Timor Tengah Utara, Vinsen Saba, mengatakan, untuk SDN Sontoi sendiri sudah masuk dalam daftar sekolah yang akan mendapatkan bantuan ruang kelas baru dalam tahun 2012 dan pengerjaannya akan dilakukan dalam pertengahan tahun 2012.

"Yang pastinya semua sekolah di Kabupaten TTU, yang ruang kelasnya rusak semuanya akan segera diperbaiki dan dibangun ruang kelas baru," jelas Saba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com