Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Sukses Tes Rudal Balistik Jarak Pendek

Kompas.com - 05/03/2012, 15:40 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pakistan, Senin (5/3/2012), mengatakan, sukses melakukan uji tembak sebuah rudal balistik jarak pendek yang mampu membawa hulu ledak atom.

Hatf II (Abdali) memiliki jangkauan 180 kilometer dan mampu membawa hulu ledak nuklir serta hulu ledak konvensional dengan "akurasi tinggi", kata pihak militer Pakistan dalam satu pernyataan.

"Rudal itu menyediakan kemampuan level operasional untuk pasukan strategis Pakistan sebagai tambahan bagi kemampuan level strategis dan taktis yang sudah Pakistan miliki," kata pernyataan itu.

Negara Asia Selatan yang berseteru,  India dan Pakistan—yang terlibat dalam tiga perang sejak kemerdekaan dari Inggris tahun 1947—telah secara rutin melakukan uji coba rudal sejak keduanya mendemonstrasikan kemampuan senjata nuklir pada 1998. Pakistan memiliki persenjataan rudal jarak pendek, menengah, dan jarak jauh.

Dua negara bertetangga itu berada di ambang konflik nuklir tahun 2002 berkaitan dengan sengketa wilayah Kashmir. Dialog perdamaian yang bergerak lambat kembali terjadi Maret lalu setelah terhenti tiga tahun sesudah serangan di Mumbai pada November 2008. India dan Amerika Serikat menuding serangan itu dilakukan oleh kelompok garis keras Pakistan, Lashkar-e-Taiba, dan Islamabad kemudian mengakui bahwa serangan itu setidaknya sebagian direncanakan di Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com