Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertelanjang Dada, Aktivis Perempuan Ditahan

Kompas.com - 05/03/2012, 10:58 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Seorang hakim pengadilan di Moskwa menjatuhkan hukuman penahanan administratif terhadap tiga aktivis gerakan Femen Ukraina karena adegan bertelanjang dada di satu tempat pemungutan suara (TPS) di Moskwa, kata juru bicara pengadilan.

Hanya beberapa menit setelah Perdana Menteri Vladimir Putin dan istrinya Lyudmila meninggalkan TPS di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia di Moskwa barat daya, tiga perempuan tanpa penutup payudara dengan kata-kata "Saya Mencuri untuk Putin" yang ditulis di dada mereka menerobos masuk ke tempat pemungutan suara sambil meneriakkan slogan antipemerintah.

Mereka langsung ditahan polisi. Para perempuan itu mengatakan kepada wartawan bahwa mereka adalah aktivis kelompok Femen Ukraina, yang memiliki sejarah pementasan protes telanjang dada secara dramatis. "Tiga warga negara Ukraina ditemukan 'bersalah karena hooliganisme kecil'," kata juru bicara pengadilan.

Para perempuan itu dijatuhi hukuman lima, 10, dan 12 hari penahanan administratif.

Vladimir Putin telah mengumumkan kemenangannya dalam pemilihan presiden Rusia dan kembali memimpin negeri itu untuk masa jabatan ketiga setelah menghabiskan empat tahun terakhir sebagai perdana menteri. Hasil penghitungan awal setelah warga Rusia memberikan suaranya pada Minggu (4/3/2012) menunjukkan bahwa mantan Direktur KGB itu telah meraup 64 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com