Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cessna Jatuh di Filipina Tengah, WNI Jadi Korban

Kompas.com - 04/03/2012, 22:45 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Dua orang tewas dan tiga lainnya luka parah setelah pesawat Cessna yang mereka tumpangi jatuh di dekat lapangan terbang di kota Mambajao, Pulau Camiguin, Filipina tengah, Minggu (4/3/2012). Salah satu korban luka parah adalah warga negara Indonesia.

Menurut perwira polisi setempat, Franquilino Linda, pesawat bermesin tunggal tersebut tinggal landas dari Provinsi Cebu menuju Camiguin yang dikenal sebagai pulau resor wisata. Selain pilot dan kopilot, pesawat tersebut membawa satu keluarga beranggotakan tiga orang asal Norwegia.

Saksi mata mengatakan, pesawat tersebut sedang berusaha mendarat saat tiba-tiba terlihat oleng. Pilot berusaha membatalkan pendaratan dengan menambah ketinggian, tetapi gagal. Pesawat kemudian menabrak beberapa pohon kelapa sebelum jatuh terempas ke tanah.

Pilot pesawat, Cesar Cebracus, dan satu penumpang, Racquel Strande (37), tewas seketika. Sementara suami Strande, Lars (56), dan anak pasangan tersebut, Jeus Ola (3), menderita luka parah.

Kopilot pesawat, seorang WNI bernama Nurmala Dewi, juga terluka parah, dan kini dirawat di RS di Camiguin. Otoritas Filipina saat ini sedang berusaha memindahkan ketiga korban luka ke RS di Cebu untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Keluarga Strande mencarter pesawat itu untuk menyusul rombongan turis Norwegia yang sudah lebih dulu tiba di Camiguin setelah mereka tidak mendapat tempat duduk dalam penerbangan komersial reguler.

Camiguin, yang terletak 710 kilometer sebelah tenggara Manila, dikenal sebagai resor wisata yang memiliki pasir putih dan lokasi menyelam yang indah.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com