Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Ledakan Pabrik Menjadi 25 Orang

Kompas.com - 04/03/2012, 21:04 WIB
Johanes Waskita

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Jumlah korban tewas akibat ledakan pabrik kimia di China utara, pekan lalu, melonjak menjadi 25 orang. Kantor berita Xinhua, Minggu (4/3/2012), mengutip Badan Adminsistrasi Negara untuk Keselamatan Kerja melaporkan, 46 orang lain cedera dalam ledakan yang terjadi Selasa lalu di dekat Shijiazhuang, ibu kota Provinsi Hebei, China.

Otoritas China sebelumnya menyampaikan sedikitnya 17 orang tewas dalam kecelakaan industrial terakhir di negeri itu. Kabar sebelumnya juga menyatakan puluhan orang belum diketahui nasibnya.

Xinhua memberitakan, dampak dari ledakan itu terasa di sedikitnya tiga desa di dekat lokasi pabrik. Gambar yang tersebar di internet dengan keterangan berasal dari lokasi ledakan memperlihatkan lubang besar di tanah yang dikelilingi oleh reruntuhan. Dinding sejumlah bengkel dan tempat kerja di sekitar ledakan hancur berantakan.

Standar keselamatan kerja di China kerap dianggap enteng oleh industri di China. Kecelakaan di tempat kerja menjadi hal yang umum terjadi meski pemerintah berulang kali berjanji memperbaiki peraturan dan pengawasannya.

Badan Adminstrasi Negara untuk Keselamatan Kerja sebelumnya mengungkapkan, hampir 50.000 orang meninggal dalam kecelakaan yang terkait pekerjaan dalam sembilan bulan pertama tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com