Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Dua Jurnalis Asing Akhirnya Diserahkan

Kompas.com - 03/03/2012, 23:37 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com -- Jenazah dua wartawan asing yang tewas di Homs, Suriah, pekan lalu, akhirnya bisa dibawa keluar dari kota tersebut dan diserahkan kepada perwakilan diplomatik yang mewakili negara asal mereka di Damaskus, Suriah, Sabtu (3/3/2012).

Duta Besar Perancis Eric Chevallier menerima jenazah fotojurnalis asal Perancis, Remi Ochlik, sedangkan jenazah wartawan veteran Marie Colvin asal Amerika Serikat diterima oleh diplomat Polandia. Perwakilan diplomatik Polandia saat ini mewakili kepentingan AS setelah AS memutuskan menutup kedutaan besar dan menarik seluruh staf diplomatiknya dari Suriah, awal Februari.

Colvin (56), yang sedang bekerja untuk surat kabar Sunday Times, Inggris, dan Ochlik (28), masuk ke Suriah secara ilegal untuk meliput secara langsung pemberangusan gerakan perlawanan antipemerintah oleh pasukan pemerintah negara itu. Mereka dan beberapa jurnalis asing lain kemudian terjebak di distrik Bab Al-Amr, kawasan di kota Homs yang dikepung dan menjadi sasaran bombardemen artileri pasukan pemerintah selama tiga pekan terakhir.

Mereka tewas pada 22 Februari, setelah sebuah roket menghantam bangunan yang dijadikan pusat media darurat di Bab Al-Amr. Selain mereka berdua yang tewas, beberapa jurnalis lain menderita luka parah dan berhasil dibawa keluar Suriah menuju Lebanon dengan diselundupkan secara rahasia oleh pasukan dan aktivis oposisi Suriah.

Namun demikian, hingga pekan ini jasad Colvin dan Ochlik masih tertinggal di Bab Al-Amr tanpa kejelasan. Baru pada Jumat malam, juru bicara Bulan Sabit Merah Suriah mengatakan telah diizinkan mengambil jasad mereka dan segera membawa mereka ke Damaskus.

Chevallier dan Dubes Polandia Michal Murkocinski kemudian mengidentifikasi kedua jenazah di sebuah rumah sakit di Damaskus. Mereka akan dipulangkan ke negara masing-masing sesegera mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com