Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Optimistis Menang Lagi

Kompas.com - 03/03/2012, 04:13 WIB

moskwa, jumat - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin percaya diri akan memenangi pemilihan presiden Rusia hari Minggu (4/3) besok. Ia mengatakan, tak satu pun lawannya dari kelompok oposisi mempunyai visi dan gagasan yang berbobot untuk membangun Rusia.

Dalam pertemuan dengan para editor surat kabar-surat kabar terkemuka dunia di kediaman resminya di pinggiran Moskwa, Kamis (1/3) petang, Putin menegaskan dia masih didukung mayoritas rakyat Rusia. Ia bahkan mengklaim masih mendapat dukungan besar di kota-kota besar, yang selama tiga bulan terakhir dilanda gelombang demonstrasi besar-besaran memprotes kemenangan partainya dalam pemilu parlemen, Desember 2011.

”Anda mengatakan penduduk perkotaan menentang saya. Mereka tidak menentang. Pendukung saya (di kota-kota ) memang berkurang, itu benar. Tetapi secara keseluruhan pendukung saya masih mayoritas, termasuk di kota-kota besar,” kata Putin dalam transkrip pertemuan yang baru disiarkan hari Jumat (2/3).

Beberapa media Barat memberitakan dukungan kepada Putin di kota-kota besar merosot drastis, dan kini ia tinggal mengandalkan dukungan dari kawasan pedalaman Rusia.

Akan tetapi, jajak pendapat terbaru yang digelar lembaga independen Levada Center, Februari lalu, menunjukkan, 66 persen pemilih di Rusia mengaku akan memilih Putin dalam pemilu hari Minggu.

Sementara rival terdekatnya, Ketua Partai Komunis Gennady Zyuganov, hanya mendapat 15 persen dukungan responden.

Putin mengatakan, empat calon presiden lawannya kurang mempunyai visi dan hanya menawarkan slogan-slogan belaka.

”Orang-orang oposisi itu belum menawarkan sesuatu yang menarik, berbobot, dan langkah-langkah yang telah dipikirkan matang untuk membangun negeri ini,” tukas Putin.

Tukar jabatan

Putin juga membela keputusannya untuk bertukar jabatan dengan Presiden Dmitry Medvedev jika ia terpilih nanti. Putin sudah mengatakan, Medvedev akan ia tunjuk sebagai perdana menteri setelah ia dilantik sebagai presiden, bulan Mei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com