Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Granat Tangan Cederai 10 Orang

Kompas.com - 01/03/2012, 17:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Setidaknya 10 orang di Rueso, provinsi Thailand selatan Narathiwat terluka setelah dua remaja mengenakan seragam siswa melemparkan sebuah granat tangan ke kerumunan orang di trotoar, Kamis (1/3/2012) pagi, kata media lokal INN.
   
Polisi mengatakan, dua pemuda berseragam sekolah mengendarai sepeda motor ke pusat kota Rueso tempat sejumlah besar orang sibuk membeli makanan di pinggir jalan sebelum seorang pria di boncengan sepeda motor melemparkan sebuah granat tangan di keramaian.
   
Setidaknya 10 orang termasuk enam perempuan, tiga pria, dan seorang bocah tiga tahun terluka dalam serangan itu.  Di antara mereka, dua orang terluka parah.
   
Empat provinsi selatan Narathiwat, Pattani, Satun dan Yala adalah provinsi mayoritas Muslim di Thailand yang didominasi pemeluk Buddha.  
   
Wilayah ini telah mengalami peningkatan kekerasan sejak Januari 2004. Kekerasan menewaskan lebih dari 5.200 orang.
   
Wilayah-wilayah tersebut dulunya adalah daerah otonomi kesultanan Melayu Muslim sampai dianeksasi oleh Bangkok pada sekitar seabad yang lalu. Sejak itu pemberontakan sering terjadi dengan korban penduduk sipil dari berbagai agama, pegawai negeri, guru, petugas keamanan, dan murid-murid sekolah.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com