Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Lantai Kaca?

Kompas.com - 01/03/2012, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Mengaplikasikan kaca pada hunian dapat menghadirkan efek artistik dan dramatis. Kaca juga mampu memantulkan cahaya sehingga ruangan tampil lebih terang. Tapi, amankah menerapkannya pada lantai hunian?

Jawabannya adalah aman-aman saja. Hanya, selama dalam pemasangannya Anda percayakan kepada ahlinya yang memang profesional.

Selain itu, pemilihan material kaca juga harus diperhatikan benar. Kaca harus tepat dari sisi ketebalan, bentuk, serta dimensi bingkainya. Pertimbangannya adalah apakah jenis kaca tersebut dapat menahan beban, karena dalam pemasangannya tidak dilakukan di atas pelat masif dan kokoh.

Selain kokoh, saat pemilihan material kaca pun perlu mempertimbangkan kondisi permukaannya. Jangan memilih lantai kaca dengan kecenderungan licin karena akan membahayakan penghuni rumah. Pilih yang bertekstur atau anti licin.

Penerapan lantai kaca memang tidak mencakup keseluruhan ruangan, cukup pada bagian tertentu yang ingin Anda tonjolkan. Misalnya, untuk ruang di lantai dua dengan pemandangan lantai bawahnya. Atau di area tangga dengan tambahan lampu warna-warni.

(Sumber: Seri Rumah Ide Lantai, Studio Imelda Akmal Architecture Writer, Gramedia Pustaka Utama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com