Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penanganan Kekerasan pada Jurnalis

Kompas.com - 01/03/2012, 04:57 WIB

Jakarta, Kompas - Keselamatan jurnalis masih menjadi masalah yang serius di Indonesia. Selama 2011, dalam catatan Lembaga Bantuan Hukum Pers dan Dewan Pers, telah terjadi 85 kasus kekerasan terhadap media atau jurnalis, baik berupa kekerasan fisik maupun kekerasan nonfisik. Karena itu, perlu disusun standar penanganan kasus kekerasan terhadap jurnalis dan penyalahgunaan profesi jurnalis.

”Kekerasan fisik bisa berupa penganiayaan ringan, penganiayaan berat, hingga pembunuhan. Kekerasan nonfisik berupa ancaman, penghinaan. Juga ada perusakan peralatan peliputan sampai perusakan kantor media,” kata anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, dalam workshop bertema ”Penyusunan Standar Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Jurnalis dan Penyalahgunaan Profesi Jurnalis” di Jakarta, Rabu (29/2).

Workshop yang diselenggarakan Dewan Pers ini juga menampilkan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Kombes Boy Rafly Amar dan Aryo Wisanggeni G dari Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen.

Menurut Aryo Wisanggeni, atasan atau pihak yang melakukan advokasi korban sering tidak memahami kondisi riil peliputan situasi politik dan keamanan lokal, kondisi geografis dan kultur lokal.

Sementara itu, Kombes Boy Rafly Amar menyatakan, pers/ wartawan kerap melakukan disfungsi atau tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik. (LOK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com