Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekte Boko Haram Bakar Sekolah

Kompas.com - 28/02/2012, 10:34 WIB

MAIDUGURI, KOMPAS.com - Anggota sekte garis keras Boko Haram, Senin (27/2/2012), membakar Sekolah Eksperimental Maiduguri, satu sekolah swasta di negara bagian Borno timur laut Nigeria. Sepekan ini, empat sekolah diratakan oleh kelompok yang sama. 

Menurut laporan media, kelompok itu sebelumnya membakar sekolah dasar negeri di daerah termasuk Budum, Abba Ganaram dan Kulo Gomna, semua di ibu kota negara. Kelompok, dengan prinsip untuk menghentikan pendidikan barat, telah menolak akses ratusan anak-anak sekolah untuk masuk ke kelas mereka.

Penduduk mengatakan kepada Xinhua di negara bagian itu bahwa Sekolah Eksperimental dibakar oleh orang-orang tak dikenal. "Kami mendengar sebuah ledakan di sekolah dan semua orang berlari untuk berlindung," kata penduduk. Menurut warga, dua ruang kelas sudah terbakar sebelum orang dikerahkan untuk memadamkan api yang menyebar.

Seorang warga, Bala Muhammad yang menyatakan kaget dengan perkembangan, mengatakan hal itu tidak beralasan karena sekolah itu dimiliki oleh warga swasta dan bukan pemerintah. "Kami terkejut atas kebakaran karena ini adalah pertama kalinya satu sekolah swasta diserang sejak serangan teror mulai beberapa hari yang lalu," katanya.

Juru bicara kepolisian negara Samuel Tizhe yang mengkonfirmasi insiden itu, mengatakan bahwa polisi membuka penyelidikan untuk mengungkap pelaku, tetapi menambahkan bahwa penangkapan-penangkatan belum dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com