Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudd: Saya Dukung Julia Gillard

Kompas.com - 27/02/2012, 09:55 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Kevin Rudd membuktikan sikap kenegarawanan dengan menyatakan dukungan penuh kepada Perdana Menteri Julia Gillard setelah kalah dalam pemilihan ketua Partai Buruh. Rudd menyatakan dia tidak merasa sakit hati karena kekalahan itu.

Rudd kalah telak dalam pemilihan ketua partai dengan hanya mendapat 31 suara dari 103 suara, sedangkan Gillard merebut 71 suara pada pemungutan suara rahasia kaukus partai yang diadakan pada Senin (27/2/2012).

"Untuk Julia, saya menerima sepenuhnya hasil kaukus ini dan mendedikasikan diri untuk sepenuhnya bekerja agar dia terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Australia," kata Rudd yang akan mundur ke garis belakang.

Rudd menambahkan, kini saatnya bagi Partai Buruh untuk bergerak maju. "Tujuan kita adalah melayani bangsa, bukan diri sendiri," tegasnya.

"Saya tidak menyimpan dendam. Dan bila saya sudah menyinggung orang lain melalui perkataan ataupun perbuatan, saya minta maaf," kata Rudd.

Gillard meminta diadakan pemungutan suara untuk mengakhiri konflik dengan Rudd, yang digulingkannya sebagai ketua partai pada 2010 itu.

Rudd sendiri secara tidak terduga mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri pekan lalu sebelum menantang Gillard untuk posisi ketua partai. Rudd berargumen langkahnya itu untuk menyelamatkan parti dari kekalahan pada pemilu 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com