Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tak Berawak AS Jatuh di Pakistan

Kompas.com - 26/02/2012, 13:10 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sebuah pesawat tak berawak Amerika Serikat jatuh pada Sabtu (25/2/2012) malam waktu setempat, di Waziristan Utara yang merupakan kawasan barat laut Pakistan. Wilayah ini berbatasan dengan Afghanistan

Seperti diberitakan saluran lokal Urdu TV FAJAR, pesawat tak berawak AS jatuh di daerah Mir Ali di Waziristan Utara, tempat yang diyakini menjadi persembunyian gerilyawan dari berbagai kelompok di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan. Kelompok ini sering melancarkan serangan lintas batas terhadap pasukan pimpinan NATO di Afghanistan.

Kecelakaan itu disebabkan oleh beberapa masalah teknis yang belum diketahui hingga saat ini. Reruntuhan pesawat saat ini ditahan waga setempat. Belum diketahui pula apakah jatuhnya pesawat mata-mata itu untuk tujuan tempur atau untuk kepentingan memata-matai.

Tahun lalu, sebuah pesawat kecil tak berawak AS  untuk tujuan non-tempur juga jatuh di dekat Quetta, ibu kota Provinsi Balochistan di barat daya Pakistan. Pesawat tak berawak Amerika Serikat sering menembakkan rudal ke tempat persembunyian para pejuang di sepanjang daerah perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Waziristan Utara adalah daerah yang paling sering dilalui pesawat tak berawak AS di Pakistan selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, pada Sabtu sore, ratusan anggota suku dari Waziristan Utara meluncurkan aksi dua hari memprotes serangan AS di negara itu.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com