Sukhoi Terlaris Nomor 3 di Dunia

Kompas.com - 25/02/2012, 22:31 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MOSKWA, KOMPAS.com - Pusat Analisis Perdagangan Senjata Dunia (CAWAT), lembaga pemikiran yang bermarkas di Moskwa, menyebutkan, pabrikan pesawat Sukhoi asal Rusia diperkirakan akan tetap berada di posisi tiga besar penjual pesawat tempur terlaris di dunia sampai tahun 2015.

"Sukhoi akan mengekspor 109 pesawat tempur dalam tiga tahun ke depan, sementara Lockheed Martin dari AS akan mengekspor 110 pesawat, dan pabrikan Chengdu dari China mengekspor 112 pesawat," tutur Kepala CAWAT, Igor Korotchenko, kepada wartawan di Moskwa, Jumat (24/2/2012) waktu setempat.

Nilai total kontrak pembelian pesawat-pesawat Sukhoi oleh pembeli luar negeri sampai 2015 mencapai 5,45 miliar dollar AS (Rp 49,3 triliun). Nilai tersebut membuat pesawat-pesawat tempur Sukhoi menjadi penyumbang terbesar ekspor persenjataan Rusia.

Beberapa negara pembeli utama pesawat-pesawat Sukhoi adalah India, Indonesia, Venezuela, Aljazair, dan Malaysia. Korotchenko mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, Sukhoi berhasil menjual 171 pesawat tempur buatannya. (RIA Novosti/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.