Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Hadi Rebut 99,8 Persen Suara di Pemilu

Kompas.com - 25/02/2012, 08:39 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Abdrabuh Mansur Hadi, satu-satunya calon dalam pemilihan presiden Yaman pada Selasa, memperoleh 99,8 persen suara sah, demikian diumumkan komisi pemilihan umum Yaman, Jumat (23/2/2012).

Menurut hasil final seperti disampaikan komisi itu, 6.635.192 dari 10.243.364 pemilih memenuhi syarat memberikan suara mereka, atau 66 persen, dalam pemilihan Selasa.

Sebuah pernyataan dari komisi pemilu mengatakan, Hadi "akan diambil sumpahnya pada hari Sabtu, 25 Februari, dan pelantikannya dilakukan hari Senin, 27 Februari, dalam sebuah acara di istana presiden, tempat Saleh akan secara resmi menyerahkan kekuasaan kepadanya".

Menurut perjanjian Teluk, Hadi menjadi satu-satunya calon dalam pemilihan semacam referendum pada hari Selasa, dan ia akan memimpin masa peralihan selama dua tahun.

Saleh kini berada di AS untuk perawatan medis akibat cedera dalam serangan bom terhadap istananya di Sanaa pada Juni tahun lalu. Namun, ia akan pulang ke Yaman pada saat acara serah-terima kekuasaan.

Yaman dilanda pergolakan yang menewaskan ratusan orang sejak demonstran menuntut pengunduran diri Presiden Ali Abdullah Saleh pada akhir Januari 2011.

Saleh (69), yang memerintah Yaman selama 33 tahun, menandatangani perjanjian penyerahan kekuasaan yang ditengahi oleh negara-negara Teluk di Riyadh pada 23 November, yang menetapkan agar ia menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya, meski tetap menjadi presiden kehormatan sampai Februari 2012.

Prakarsa Dewan Kerja Sama Teluk yang bertujuan mengakhiri protes berbulan-bulan itu menetapkan Saleh mengundurkan diri dengan imbalan kekebalan dari tuntutan hukum bagi dirinya dan anggota-anggota keluarganya.

Pada 7 Desember, Wakil Presiden Yaman Abdrabuh Mansur Hadi mengeluarkan sebuah dekrit yang mengesahkan pembentukan pemerintah persatuan nasional yang disepakati sesuai dengan perjanjian penengahan Teluk.

Pemerintah baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mohammed Basindawa menjalankan tugas selama tiga bulan, dan setelah itu pemilihan umum dilaksanakan; kemudian Hadi akan secara resmi mengambil alih tugas presiden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com