Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Frustrasi Hadapi Suriah

Kompas.com - 25/02/2012, 07:32 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Keadaan benar-benar membuat frustrasi. Barat dan Liga Arab ingin menekan rezim Suriah, tetapi China dan Rusia menolak pergantian rezim di Suriah secara ilegal. Berbagai tekanan dunia juga tidak mudah menjatuhkan Suriah.

”Situasinya benar-benar membuat frustrasi,” kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, kepada BBC, Jumat (24/2), menjelang pertemuan beberapa negara untuk membahas soal Suriah di London.

Di Tunis, Tunisia, sekitar 70 perwakilan negara dan organisasi internasional, Jumat (24/2/2012), menggelar pertemuan dengan tema ”Para Sahabat Suriah”. Namun, Rusia, Lebanon, dan China memboikot.

Rusia dan China telah menggunakan hak veto pada awal bulan ini untuk menggagalkan resolusi Dewan Keamanan PBB yang diajukan Liga Arab dan Uni Eropa.

Sebelum pertemuan, Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Sekjen Liga Arab Nabil al Arabi, Kamis lalu, menunjuk mantan Sekjen PBB Kofi Annan sebagai utusan khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah. Wakil Annan akan ditunjuk dari pejabat Arab. Misi Annan adalah mengakhiri aksi kekerasan dan pelanggaran HAM, serta memperkuat solusi damai atas krisis Suriah.

Pertemuan para sahabat Suriah akan mengeluarkan sejumlah rekomendasi agar dilaksanakan oleh rezim Presiden Bashar al-Assad. Isi rekomendasi adalah ancaman bahwa aksi kekerasan yang dilakukan rezim Presiden Bashar al-Assad, apalagi mengandung tindak pidana, bisa dikategorikan sebagai kejahatan kemanusiaan.

Sahabat Suriah juga mengakui Dewan Nasional Suriah sebagai wakil rakyat Suriah. Mereka mendukung perjuangan oposisi dan mengimbau semua kelompok oposisi sepakat atas mekanisme koordinasi pada masa transisi dan era berikutnya.

Sahabat Suriah meminta rezim mengakui hak-hak kaum minoritas di Suriah. Kelompok sahabat Suriah akan melakukan tindakan politik, diplomasi, dan ekonomi lebih kuat untuk menekan rezim Presiden Assad.

Perang sipil

Tekanan Barat dan Liga Arab itu sudah jelas merupakan ancaman keras bagi Suriah. Namun, rezim Suriah mengatakan sama sekali tidak akan mau menuruti anjuran sahabat Suriah.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com