Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tak Ikut Pertemuan "Sahabat Suriah"

Kompas.com - 22/02/2012, 10:57 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menolak undangan untuk ambil bagian dalam pertemuan kelompok "Sahabat Suriah" yang dijadwalkan Jumat (24/2/2012), kata Departemen Luar Negeri negara itu Selasa (21/2/2012).

"Undangan untuk pertemuan kelompok Sahabat Suriah di Tunisia itu telah diterima. Namun, ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban untuk mengartikulasikannya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Alexandr Lukashevich.

Dia menegaskan bahwa Rusia tidak melihat kemungkinan untuk berpartisipasi dalam pertemuan itu, karena Moskow belum mendapat informasi tentang agenda pertemuan dan pesertanya.

"Yang paling penting, tujuan sebenarnya dari pertemuan tidak jelas. Menurut laporan-laporan, kelompok-kelompok oposisi separatis telah diundang ke Tunisia, namun tidak ada perwakilan dari pihak pemerintah Suriah. Itu berarti, kepentingan mayoritas penduduk Suriah
yang mendukung pemerintah tidak akan diwakili," kata Lukashevich.

Rusia percaya pertemuan itu tidak mungkin akan memfasilitasi dialog awal antar-Suriah mengenai cara untuk mengatasi krisis, kata jurubicara itu.
Lukashevich mengatakan bahwa Moskow memiliki kesan pertemuan "Sahabat Suriah" menyerupai "Kelompok Kontak Libya," yang memiliki tujuan mendukung hanya satu sisi konflik internal.

"Menurut laporan, dokumen akhir dari pertemuan tersebut telah disusun oleh kelompok kecil negara, sementara peserta lain akan diminta hanya untuk menjadi stempel belaka," kata Lukashevich.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com