Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres Digelar Hari Ini, Hadi Calon Tunggal

Kompas.com - 21/02/2012, 10:00 WIB

SANAA, KOMPAS.com - Pemilu presiden Yaman siap digelar Selasa (21/2/2012) ini. Wakil Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi tampil sebagai satu-satunya calon. Dia berkomitmen akan ”menghancurkan” Al Qaeda, kata Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS John Brennan, Minggu (19/2/2012), di Sanaa, ibu kota Yaman.

Brennan, yang bertemu dengan Hadi pada Sabtu di Sanaa, mengatakan, dia ”sangat tergerak oleh komentar Hadi” mengenai Al Qaeda. Hadi berniat keras menghancurkan jaringan teroris itu. ”Saya pikir dia dapat menjadi mitra yang kuat dan baik,” kata Brennan kepada wartawan.

Kantor berita resmi Saba merilis pernyataan Hadi yang menyebutkan, ”Organisasi teroris Al Qaeda harus diperangi dan keberadaannya di Semenanjung Arab harus diakhiri.”

”Ini membutuhkan kerja sama internasional yang serius,” kata Hadi seusai pertemuan dengan Baron Emma Nicholson, anggota Majelis Tinggi Inggris, yang berkunjung ke Sanaa menjelang pemilihan presiden.

Jutaan warga akan memberikan suara mereka di tempat pemungutan suara di seantero negeri. Dalam pilpres yang seperti referendum, rakyat Yaman akan memberikan suara mereka untuk Hadi sebagai kandidat satu-satunya yang akan menggantikan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Saleh kini berada dalam perawatan untuk mengobati luka yang didapatnya akibat serangan oposisi pada pertengahan 2011.

Saleh (69), yang memerintah Yaman selama 33 tahun, telah menandatangani perjanjian penyerahan kekuasaan yang dimediasi Liga Arab di Riyadh, 23 November 2011. Dalam perjanjian itu, Saleh diharuskan menyerahkan kekuasaan kepada wakil presiden meski tetap menjadi presiden kehormatan hingga Februari 2012.

Sejak protes antirezim Saleh bergulir akhir Januari 2011, kelompok militan memanfaatkan kekuasaan pusat yang kian lemah dengan membangun basis-basis pertahanan di sejumlah provinsi di selatan. Pejabat pemerintah mengatakan, kelompok militan terafiliasi dengan Al Qaeda, namun oposisi menuduh rezim mengada-ada.

Ledakan

Jelang pilpres, sebuah ledakan menghancurkan satu tempat pemungutan suara di Aden, kota terbesar di Yaman selatan, Senin. Suara tembakan terdengar tak lama setelah ledakan itu. Belum ada laporan lanjutan atas insiden itu. Ledakan menyebabkan lubang besar di dinding bangunan dan menghancurkan kaca jendela bangunan lain di sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com