Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santorum Perlebar Keunggulannya dari Romney

Kompas.com - 21/02/2012, 02:49 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Rick Santorum memperlebar keunggulannya atas Mitt Romney dalam upaya menjadi kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Hasil polling nasional terbaru, Senin (20/2/2012), menunjukkan kaum Republikan makin banyak yang mendukung Santorum.

Pemantauan yang dilakukan Gallup mengenai dukungan kaum Republik menyajikan angka 36 persen dukungan untuk Santorum, yang merupakan mantan senator Pennsylvania, untuk menjadi calon presiden resmi partai. Sementara Romney, mantan gubernur Massachusetts, memperoleh 28 persen dukungan. Mantan Ketua DPR AS, Newt Gingrich, berada di posisi ketiga dengan 13 persen, disusul anggota DPR AS dari Texas, Ron Paul, dengan 11 persen dukungan.

Dukungan Santorum semakin kuat setelah tampil mengesankan dalam kaukus Republik di Colorado dan Minnesota serta konvensi yang tak mengikat di Missouri pada 7 Februari. Santorum menikmati dukungan terhadapnya yang terus meroket di beberapa wilayah kunci maupun secara nasional.

Mantan senator itu menggebrak naik untuk mengimbangi Romney sejak sepekan lalu dalam survei nasional Gallup. Sejak saat itu dukungan terhadapnya terus meningkat dan memperlebar selisih keunggulannya terhadap kandidat presiden yang sudah lama mengumumkan pencalonannya itu.

Menghadapi konvensi calon presiden di wilayah penting Michigan, Santorum juga masih unggul tipis atas Romney, meskipun selisihnya terus menyempit dalam beberapa hari terakhir. Michigan diperkirakan basis kuat bagi Romney karena ia merupakan putra daerah di wilayah tersebut dan ayahnya pernah menjadi gubernur yang populer di sana.

Survei terakhir yang dilakukan Lembaga Polling Kebijakan Publik menunjukkan Santorum memimpin dengan 37 persen dukungan pemilih Republik di Michigan, yang akan menggelar konvensi resmi pada 28 Februari mendatang. Romney hanya menempati posisi kedua dengan 33 persen dukungan.

Keunggulan empat persen tersebut menipis dari 15 persen dalam jajak pendapat yang sama pekan lalu. Sejumlah analis memperkirakan, sikap teguh Romney dalam menentang kebijakan dana talangan bagi industri otomotif kemungkinan mengurangi kantong suaranya di Michigan karena wilayah tersebut merupakan markas sejumlah raksasa otomotif AS.

Konvensi nasional Partai Republik yang menentukan capres resmi kaum Republikan dijadwalkan digelar pada 27-30 Agustus di Tampa, Florida. Sementara konvensi nasional Partai Demokrat akan berlangsung pada 3-6 September di Charlotte, North Carolina. Pemilihan presiden Amerika Serikat akan digelar pada 6 November, sedangkan pelantikan presiden terpilih akan dilakukan pada 20 Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com