Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Glenn Peringati 50 Tahun Mengorbit Bumi

Kompas.com - 20/02/2012, 22:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

COLUMBUS, KOMPAS.com — Astronot Amerika Serikat, John Glenn, merayakan peringatan 50 tahun perjalanannya dengan pesawat angkasa luar yang bersejarah, Senin (20/2/2012). Acara peringatan ini ditandai sejumlah peristiwa, termasuk berbicara secara langsung dengan sejumlah awak yang kini berada di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS).

John Glenn adalah astronot yang menjadi warga AS pertama yang mengorbit Bumi pada 20 Februari 1960. Perjalanan sejarah John Glenn ini membantu AS mengalahkan musuh bebuyutannya pada saat itu, Uni Soviet, dalam perseteruan menguasai teknologi pesawat angkasa luar.

"Ini merupakan titik balik bagi psikologi nasional Amerika," ujar John Glenn soal misinya ke angkasa luar itu. Sejak saat itu, warga AS merasa mampu bersaing dengan Uni Soviet dalam misi penjelajahan ke angkasa luar.

John Glenn yang kini berusia 90 tahun dan pemimpin Badan Angkasa Luar Amerika (NASA) Charles Bolden akan menandai peringatan 50 tahun astronot AS pertama yang ke angkasa luar dengan berbicara dengan para astronot yang kini berada di ISS. Acara dilanjutkan dengan santap malam dan pidato dari mantan astronot Mark Kelly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com