Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memori Botol Berlekuk Khas Coca Cola

Kompas.com - 20/02/2012, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Salah satu kekuatan pencitraan suatu produk terletak pada keunikan produk serta kemasannya. Kemasan berperan sebagai pemberi memori khusus dan ciri khas dari suatu produk. Salah satu produk yang menerapkan konsep ini adalah Coca Cola.

Dengan konsep botolnya yang unik dan khas, Coca Cola kembali menyapa konsumennya dengan program baru bertema "Romancing the Coca Cola's Iconic Contour Bottle". Serangkaian program komunikasi dan aktivasi konsumen digelar untuk memfasilitasi konsumen agar dapat menikmati berbagai sisi unik Coca Cola melalui contour bottle-nya yang ikonik dan khas.

"Countour bottle ini merupakan salah satu ciri khas yang unik sekaligus menjadi cikal-bakal Coca Cola yang mendunia," ungkap Amelia Nasution, Marketing Manager Sparkling Coca Cola Indonesia di pabrik Coca Cola, kawasan Cibitung, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Selama 125 tahun, kemasan Coca Cola sudah mengalami beberapa kali modifikasi. Alexander Samuelson dari The Root Glass Company di Indiana adalah orang yang mendesain botol dengan bentuk khas yang menyerupai lekuk tubuh manusia pada tahun 1916. 

Bentuk botol yang khas ini dinilai lebih enak dipegang sehingga tak mudah jatuh, karena lekukannya mengikuti kontur tangan. Bahkan, Amelia menambahkan, menurut penelitian, kontur botol Coca Cola merupakan bentuk kedua yang paling mudah dikenali dengan mata tertutup setelah bentuk telur.

Selain menonjolkan bentuknya yang unik, countour bottle ini juga memberikan sensasi pengalaman minum yang lebih nikmat dan seru. "Setidaknya ada lima sensor yang terpicu ketika minum Coca Cola dari botol ini, mulai dari melihat bentuknya yang unik, menyentuh konturnya sehingga merasakan lekukan tubuh serta suhu dinginnya, mendengar suara letupan tutup botol dan desis soda, mencium aroma karamel, serta merasakan kenikmatan dan kesegarannya," ungkap Lia Susetio, Senior IMCC Manager Coca Cola Indonesia, pada acara yang sama.

Untuk mengingatkan kembali memori countour bottle ini, Coca Cola juga menghadirkan berbagai aktivitas seperti program sampling Coca Cola ke banyak daerah, dan melakukan road show dengan menggunakan happiness truck, atau bus yang akan menyajikan kesegaran minuman bersoda ini dilengkapi makanan tertentu yang sesuai keinginan Anda. Untuk memanggil layanan bus ini, Anda bisa bergabung dengan facebook Coca Cola Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com