Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joachim Gauck Akan Jadi Presiden Jerman

Kompas.com - 20/02/2012, 08:59 WIB

Partai politik besar di Jerman sudah menetapkan pengganti Christian Wulff sebagai presiden negara itu. Kesepakatan ini membuat pemilihan presiden yang akan berlangsung bulan depan menjadi formalitas saja.

Kanselir Angela Merkel menyatakan dukungannya untuk Joachim Gauck, seorang pendeta dan mantan aktivis pembela HAM Jerman Timur untuk menjadi presiden Jerman.

Nama Gauck ini diusulkan Partai Sosial Demokrat dan Partai Hijau untuk menggantikan Wulf yang dituduh terlibat dalam kasus korupsi. Pada pemilu tahun 2010 lalu, Merkel memilih Wulff yang saat itu bersaing dengan Gauck.

Gauck yang didukung Partai Sosial Demokrat dan Partai Hijau akhirnya memang kalah dalam pemilu itu.

Dalam perjalanannya sebagai aktivis anti komunis, Gauck yang kini berusia 72 tahun dikenal pernah membantu mengungkap kejahatan polisi rahasia Jerman Timur, Stasi lewat publikasi sejumlah dokumen yang berhasil dia temukan setelah keruntuhan tembok Berlin.

Sosok diandalkan

Merkel sendiri melihat Gauck sebagai sosok yang bisa diandalkan warga Jerman."Kita tidak boleh lupa dengan apa yang dilakukan oleh rohaniawan seperti Gauck yang berhasil mendorong revolusi di Jerman Timur secara damai," kata Merkel seusai bertemu dengan kelompok oposisi.

"Orang ini dapat memberikan dorongan penting saat ini dan masa datang."

Presiden di Jerman saat ini kerap berhubungan dengan acara-acara seremonial kenegaraan namun dia juga cukup berpengaruh.

Sebelumnya Christian Wulff mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Presiden Jerman pada Jumat (17/02) setelah jaksa memutuskan untuk mencabut kekebalan hukumnya.

Dia mundur setelah dituduh terlibat dalam kasus suap kredit rumah. Tetapi, dia membantah melakukan kesalahan. Koresponden BBC di Berlin, Stephen Evans mengatakan kasus itu menjadi beban bagi Merkel yang tengah berjuang mengatasi krisis ekonomi Uni Eropa.

Dalam pemberitaan harian Bild, Wulff disebut menerima keringanan pinjaman 500.000 euro dari istri seorang pengusaha pada Oktober 2008 lalu.

Dia juga dikritik karena mencoba memaksa Bild untuk tidak memberikan laporan tersebut, melalui pemimpim redaksi koran itu Kai Diekmann melalui telepon. Selain kasus korupsi, Wulff juga disebutkan menerima gratifikasi berupa liburan gratis dari pebisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com