Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran-Israel Adu Otot di Mancanegara

Kompas.com - 19/02/2012, 06:11 WIB

Oleh Musthafa Abd Rahman

Serangkaian teror bom di Kedubes Israel di India, Georgia, dan warga Israel di Thailand terjadi pekan ini, mengingatkan kembali perang Israel-Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dekade 1970-an dan 1980-an dalam bentuk saling membunuh tokoh atau warga Israel dan Palestina di luar negeri.

Serangan di kota Munich di Jerman saat olimpiade tahun 1972 dilakukan gerilyawan PLO terhadap sejumlah atletik Israel. Ada percobaan pembunuhan Dubes Israel di London, Shlomo Argov, tahun 1982 oleh aktivis PLO. Percobaan pembunuhan itu menyebabkan Israel melancarkan invasi ke berbagai sasaran PLO di Lebanon pada tahun itu pula sebagai aksi balasan.

Sebaliknya, Israel berhasil membunuh Abu Jihad (orang kedua di PLO setelah Yasser Arafat) di Tunisia tahun 1988 karena diduga kuat Abu Jihad sebagai arsitek meletupnya intifada di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada tahun itu. Israel juga berhasil membunuh salah seorang tokoh PLO, Abu Iyad, di Tunisia tahun 1990.

Pada tahun 1992, serangan bom menghantam gedung Kedubes Israel di Buenos Aires, Argentina yang menewaskan 29 orang dan melukai 242 orang lainnya. Jihad Islami saat itu menyatakan bertanggung jawab atas pengeboman Kedubes Israel di Argentina itu.

Israel saat itu menuduh Hezbollah yang didukung Iran membiayai operasi pengeboman Kedubes Israel itu. Mossad (dinas intelijen luar negeri Israel) lalu membunuh Pemimpin Jihad Islami Palestina, Fathi Shaqaqi, di Malta pada tahun 1995 sebagai balasan terhadap aksi pengeboman Kedubes Israel di Argentina. Israel kemudian melakukan upaya percobaan pembunuhan yang gagal terhadap kepala biro politik Hamas, Khaled Meshaal, di Amman, Jordania, tahun 1997.

 

Selama 10 tahun terakhir ini, operasi pembunuhan dan penyerangan terhadap sasaran Israel dan Palestina di luar negeri mengalami penurunan tajam.

Akan tetapi, dalam dua tahun terakhir ini, tiba-tiba dikejutkan oleh serangkaian aksi pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Iran di ibu kota Teheran seiring dengan eskalasi konflik Iran-Barat soal program nuklir negara para Mullah itu.

Israel juga membunuh tokoh Hamas, Mahmud Mabhuh, di Dubai tahun 2010. Mabhuh diduga arsitek penyelundupan senjata dari Iran ke Jalur Gaza.

Ilmuwan nuklir Iran yang tewas, Masoud Ali Mohammadi (tewas pada 12 Januari 2010), dan Manouchehr Shahryari (tewas pada 29 November 2010), Majid Shariyari dan Massoud Ali Mohammadi (50) yang tewas pada Januari 2011.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com