Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Pamerkan Heron di Singapore Airshow

Kompas.com - 17/02/2012, 18:13 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pesawat tanpa awak atau dikenal dengan sebutan drone banyak ditampilkan sejumlah pabrikan di Singapore Airshow 2012, Jumat (17/2/2012). Pesawat yang banyak menyita perhatian adalah drone Heron TP yang dipamerkan Israel Aerospace Industries (IAI).

Heron TP yang juga dikenal dengan nama Eitan memiliki fungsi untuk pengintaian, mengacaukan komunikasi musuh, dan penghubung pusat kendali di darat dengan jet tempur yang siaga di udara. Pesawat jenis ini mampu terbang 36 jam nonstop dengan kecepatan maksimal 360 kilometer per jam.

Mata-mata udara ini memiliki rentang sayap 26 meter yang hampir sama dengan bentang sayap pesawat Boeing 737. Panjang pesawat sekitar 14 meter.

Heron TP mampu terbang hingga ketinggian 14 kilometer dengan daya jelajah hingga 1.000 kilometer.

Pesawat ini sedang disiapkan Israel untuk menyerang Iran terkait upaya menghentikan program nuklir Iran. Peristiwa jatuhnya sebuah Heron TP di Israel beberapa waktu lalu menjadi pemberitaan internasional di tengah ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com