Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Permukiman Kali Sunter Tak Banjir Lagi

Kompas.com - 16/02/2012, 09:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Fauzi Bowo memberikan jaminan bahwa permukiman di sekitar Kali Sunter akan bebas banjir dua atau tiga tahun lagi. Saat ini Pemprov DKI berencana membangun waduk di kawasan bandara Halim Perdana Kusuma.

"Saya belum bisa pastikan pembangunan waduk ini, tahun ini atau 2013. Tetapi dua atau tiga tahun ke depan, Kali Sunter akan aman dari banjir. Kawasan Universitas Borobudur hingga Kecamatan Makassar tidak terkena banjir lagi," kata pria yang biasa disapa Foke ini, Rabu (15/2/2012).

Dikatakan Foke, pihaknya akan membangun tiga waduk dari rencana awal enam waduk di atas lahan seluas 100 hektar. Menurut dia, hingga saat ini tahapan perencanaan pembangunan serta detail dasar pembangunan tiga waduk tersebut sudah mendekati final dan diharapkan tiga waduk tersebut dapat mengendalikan luapan air di Kali Sunter hulu dan kali Cipinang.

"Pembangunan tiga waduk ini segera dilaksanakan, karena Pemprov DKI dan TNI AU sudah menandatangani nota kesepahaman pembangunan fisik waduk pada tahun lalu," katanya.

Pembangunan fisik untuk satu waduk membutuhkan anggaran sebesar Rp 10 miliar. Sehingga pembangunan tiga waduk membutuhkan dana sebesar Rp 30 miliar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com