Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Cibadak Sukabumi Rusak Dua Rumah

Kompas.com - 16/02/2012, 01:42 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com -  Longsor yang terjadi di Kampung Babakan Anyar, RT 10/08, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (15/2/2012) malam, merusak dua rumah warga, namun  tidak ada korban.

Peristiwa tersebut terjadi setelah turun hujan sejak sore hingga malam hari, tiba-tiba tebing yang berada di belakang rumah warga longsor yang kemudian langsung menimbun rumah yang diketahui salah satunya milik Mimin.  "Tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah sampai saat ini masih trauma karena kondisinya sudah berusia lanjut dan kerugian diperkirakan hingga puluhan juta rupiah," kata Ketua RT 10, Dudung kepada wartawan di Sukabumi, Rabu.

Untuk sementara korban diungsikan ke rumah tetangganya yang lebih aman, namun longsor tersebut juga menyebabkan puluhan rumah terancam tertimbun longsor, maka dari itu pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada.  "Jika turun hujan warga harus waspada karena tebing bisa saja longsor lagi dan menimbun rumah warga yang berada di bawahnya," tambahnya.

Semetara, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo mengatakan, di Kabupaten Sukabumi daerah rawan longsor dari hasil pemetaan bertambah, yang awalnya hanya 13 kecamatan saat ini menjadi 18 kecamatan yang salah satunya adalah Kecamatan Cibadak.

"Kami sudah meninjau lokasi longsor dan mengimbau kepada warga agar selalu waspada karena potensi terjadinya longsor berikutnya cukup tinggi, dan kami pun telah menyiapkan bantuan untuk para korban," kata Usman. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com