Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dreamliner yang Jadi Idola

Kompas.com - 15/02/2012, 22:54 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Kehadiran pesawat penumpang Boeing 787 Dreamliner di ajang Singapore Airshow 2012 menarik perhatian pengunjung yang datang di Changi Exhibition Centre, Rabu (15/2/2012). Meskipun sudah beberapa tahun diperkenalkan di dunia penerbangan, Dreamliner baru pertama kali dipamerkan di Singapore Airshow.

Pesawat ini didesain menggunakan bahan komposit serat karbon sehingga lebih ringan dari pesawat lain. Keunggulan lain adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit 20 persen sehingga dianggap lebih ramah lingkungan.

Jendela pesawat menggunakan kaca gelap sehingga penumpang tidak akan silau oleh cahaya matahari dari luar. Bagian interiornya dilengkapi displai langit-langit yang bisa berubah warna sesuai warna langit di luar pesawat.

Jumbo jet yang berbiaya sekitar Rp 1,8 triliun per pesawat ini termasuk tipe pesawat ukuran sedang untuk 210-290 penumpang tergantung variannya. Pesaing utamanya adalah Airbus A350.

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, maskapai All Nippon Airline (ANA) dari Jepang merupakan penerima pertama Dreamliner pada Oktober 2011. Saat ini ada belasan maskapai di dunia yang menunggu pengiriman dari pabrik Boeing.

Kesempatan melihat salah satu jet penumpang terbaru tak disia-siakan pengunjung Singapore Airshow 2012. Apalagi, pihak Boeing pada waktu-waktu tertentu membuka kesempatan pengunjung yang ingin melihat di dalam kabin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com