Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taher Pertaruhkan Nyawa Bertemu Kekasih

Kompas.com - 15/02/2012, 12:04 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Pasangan muda Palestina Taher Muslimani dan Rita Isaac saling mencintai, kendati mereka terpisah. Sang pria tinggal di Israel dan si perempuan tinggal di Jalur Gaza. Keduanya baru sekali bertemu dan langsung menikah setelah Taher nekad mempertaruhkan nyawa dengan merangkak di terowongan antara Mesir dan Jalur Gaza.

Taher seorang sutradara. Ia berkenalan dengan sang wartawati ketika ia mencari seorang pembawa acara. "Saat itu kami juga sudah langsung sadar kalau kami memiliki cita-cita dan pikiran yang searah, kata Taher."

Akhirnya pencarian tak membuahkan hasil, dan mereka saling berhubungan melalui Facebook dan Skype.

"Taher itu berbeda dengan lelaki lain yang saya kenal," kata Rita. "Ia terbuka dan jujur. Sejak pertama kenal saya dapat berdiskusi soal apapun." Sementara Taher tak mau kalah menimpali. "Ketika baru kenal saya langsung punya perasaan dia akan menjadi pendamping hidup saya."

Taher (23) mengirim Rita (26) puisi-puisi cinta.

Ketika mereka sadar masing-masing punya perasaan yang sama, Taher langsung menceritakan soal Rita kepada keluarganya. Sesuai tradisi Palestina, maka ayah Taher langsung menelpon ayah Rita pada hari ulang tahunnya untuk melamar putrinya.

Pernikahan

Rita tak ragu sedikit pun menerima lamaran tersebut. Kendati mereka sebelumnya belum pernah bertemu dan saling menyentuh. "Penting jika anda bisa berbicara dengan seseorang."

Pernikahan belum berlangsung. Taher ketika itu meminta izin kepada otoritas Israel untuk mendatangkan Rita dan keluarganya untuk menikah. Setelah empat bulan menanti, akhirnya pasangan itu memutuskan untuk ke Mesir saja.

Namun sayang, Rita tak lolos dari pos penjagaan di Rafah. Taher memutuskan untuk merangkak di terowongan ke Gaza. "Beberapa hari sebelum saya masuk ke terowongan itu, saya mendengar ada lima orang tercekik tak dapat bernafas di terowongan itu," kata Taher.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com