India Segera Uji Rudal Nuklir

Kompas.com - 14/02/2012, 23:55 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

NEW DELHI, KOMPAS.com — India dilaporkan akan menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru, Agni-5, pada pekan kedua bulan Maret. Rudal ini mampu membawa hulu ledak nuklir dan bisa menjangkau wilayah China.

Demikian dilaporkan harian Times of India, Selasa (14/2/2012). "Integrasi rudal Agni-5 sudah dimulai, satu di Hyderabad, dan satu lagi di Wheeler Island. Bulan Maret nanti kami akan meluncurkan ICBM ini," tutur Vijay Kumar Saraswat, Penasihat Sains Menteri Pertahanan India.

Rudal Agni-5 adalah generasi baru dari seri rudal balistik Agni yang memiliki jarak tembak dan presisi serangan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Daya jangkau rudal ini diperkirakan mencapai 5.000 kilometer, yang berarti bisa menembak sasaran hingga di wilayah China utara.

Jika uji coba ini sukses, India akan menjadi negara keenam di dunia, setelah AS, Rusia, Inggris, Perancis, dan China, yang memiliki rudal semacam itu. Versi Agni sebelumnya hanya memiliki daya jangkau antara 700 sampai 3.500 km.

Tahun lalu India berhasil menguji coba Agni-4. Baik Agni-4 maupun Agni-5 diluncurkan dari sistem peluncur mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.