Kemudi A380 Bermasalah, Penerbangan Ditunda

Kompas.com - 13/02/2012, 14:52 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SYDNEY, KOMPAS.com — Salah satu pesawat superjumbo Airbus A380 milik maskapai Qantas Airways dari Australia bermasalah lagi. Sistem kemudi pesawat tersebut mengalami gangguan saat hendak tinggal landas dari London menuju Singapura sehingga penerbangan terpaksa ditunda.

Demikian disampaikan juru bicara Qantas di Sydney, Minggu (12/2/2012). Pesawat dengan nomor penerbangan QF10 tersebut membawa 435 penumpang dan sudah menggelinding dalam proses tinggal landas di landasan pacu saat kemudinya mengalami masalah.

Dalam dua kali percobaan tinggal landas, pesawat tersebut melenceng dari jalur landasan pacu. Meski demikian, masalah tersebut terjadi saat pesawat masih berjalan dengan kecepatan rendah, sehingga pesawat segera bisa dihentikan sebelum terperosok keluar landasan.

Pesawat kemudian kembali ke terminal keberangkatan untuk mejalani pemeriksaan. Penerbangan pun tertunda selama empat setengah jam. "Setelah dilakukan berbagai pengecekan oleh para insinyur, pesawat berangkat dengan selamat tanpa insiden apa pun," ungkap juru bicara tersebut.

Ini adalah masalah terbaru yang terjadi pada pesawat penumpang terbesar di dunia itu. Sebelumnya, ditemukan retakan-retakan kecil pada beberapa bagian struktur sayap, yang membuat Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) memerintahkan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua pesawat A380 yang sudah dioperasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.