Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Bulgaria Membeku

Kompas.com - 12/02/2012, 02:08 WIB

Beograd, Sabtu - Dampak kebekuan hebat akibat cuaca dingin ekstrem yang saat ini melanda Eropa mulai meluas sehingga memaksa ratusan ribu warga Eropa terpenjara di rumah mereka sendiri, Sabtu (11/2).

Hujan salju yang deras turun di negara-negara Balkan dan Italia. Sungai Danube yang menjadi perlintasan perdagangan melalui kapal masih tertutup untuk pelayaran sepanjang ratusan kilometer. Ini merupakan rekor kebekuan terburuk sungai tersebut dalam setidaknya 50 tahun terakhir.

Anomali juga terjadi di Bulgaria yang menjadi beku untuk pertama kali dalam 27 tahun terakhir. Sementara ibu kota Montenegro, Podgorica, tertimbun salju setebal 50 sentimeter, rekor terburuk dalam 50 tahun terakhir. Kebekuan ini berdampak terhadap penutupan bandar udara Podgorica dan penghentian pelayanan kereta api menuju negeri terdekat, Serbia, lantaran salah satu jalur tertutup runtuhan salju (avalanche).

Jumlah korban tewas akibat kedinginan pun mencapai 550 orang. Otoritas Eropa mengatakan, diperkirakan sekitar 30.000 orang masih terisolasi akibat timbunan salju di jalanan di Romania dan lebih dari 110.000 orang lainnya di negeri-negeri Balkan, termasuk di antaranya 60.000 di Montenegro. Jumlah yang terisolasi di Montenegro ini mencapai 10 persen dari keseluruhan jumlah penduduk.

Menurut ramalan cuaca, diperkirakan kebekuan akibat salju yang terjadi sejak dua pekan lalu ini masih akan berlanjut, setidaknya sampai pertengahan Februari. Suhu terburuk mencapai minus 38 derajat terjadi di Rusia dan Ceko. (AFP/sha)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com