AS Setuju Hibahkan Kapal Kedua kepada Filipina

Kompas.com - 10/02/2012, 21:43 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MANILA, KOMPAS.com -- Kongres Amerika Serikat akhirnya menyetujui hibah satu lagi kapal jenis cutter milik Penjaga Pantai AS (US Coast Guard/USCG) kepada Filipina untuk difungsikan sebagai kapal perang negara tersebut.

"Saya gembira karena periode notifikasi kongres untuk kapal kedua Coast Guard telah habis masa berlakunya minggu ini. Itu artinya Kongres telah menyetujui hibah ini kepada Filipina, yang akan membantu kebutuhan keamanan Filipina," tutur Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik-Militer, Andrew Saphiro, setelah pembicaraan dengan para pejabat Kementerian Pertahanan Filipina di Manila, Jumat (10/2/2012).

Tahun lalu, AS lebih dulu menghibahkan eks kapal USCG, Hamilton, kepada Filipina, yang langsung dioperasikan sebagai kapal perang utama Angkatan Laut Filipina. Selasa (7/2/2012), para anggota DPR AS membahas persetujuan untuk menghibahkan kapal cutter USCG lainnya, Dallas, kepada Filipina.

"Kapal itu dalam waktu dekat akan segera dikirim ke Manila," tutur Ed Royce, anggota parlemen AS dari Partai Republik. Ia mewakili daerah pemilihan California selatan, yang memiliki populasi warga keturunan Filipina cukup banyak.

Hibah kapal perang kepada Filipina ini merupakan salah satu langkah yang diambil AS untuk meningkatkan hubungan kerja sama militer dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, sebagai bagian dari perubahan fokus kebijakan militernya di kawasan Asia Pasifik.

Meski demikian, pihak Pentagon masih belum menyetujui permintaan Filipina agar AS menghibahkan pesawat tempur F-16, seperti yang dilakukan AS dengan Indonesia. Peter Lavoy, pejabat tinggi Dephan AS yang bertanggung jawab terhadap urusan Asia Timur, mengatakan, masih ada beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk menghibahkan F-16 ke Filipina.

Kapal cutter Dallas ini berbobot 3.250 ton dengan panjang 115 meter. Kapal tersebut telah bertugas di USCG sejak 1967 dan pernah terlibat patroli tempur dalam Perang Vietnam. Kapal ini dilengkapi meriam OTO Melara Mk-75 76 mm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.