Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serpihan Pesawat Militer AS Lepas di Atas Jepang

Kompas.com - 09/02/2012, 14:36 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) hingga saat ini masih menyelidiki penyebab lepasnya beberapa bagian dari pesawat pengacak sinyal radar EA-6B Prowler saat terbang di atas wilayah udara Jepang. Serpihan itu jatuh di sebuah kota di dekat Tokyo, Kamis (9/2/2012).

Enam bagian pesawat perang elektronik tersebut lepas di udara, termasuk bagian dari penutup mesin dan satu bagian berukuran 2,2 x satu meter persegi saat pesawat tengah terbang di atas kota Yamato, dekat Tokyo. Salah satu bagian tersebut jatuh mengenai kendaraan pribadi warga di kota itu sehingga menyebabkan kerusakan minor.

Menurut US Navy, pesawat tersebut sedang dalam perjalanan pulang dari misi latihan rutin menuju pangkalannya di Yokosuka, Prefektur Kanagawa, Jepang. Seorang pejabat kota Yamato mengatakan, reruntuhan pesawat sering jatuh di kawasan kota tersebut bahkan pernah merusak sebuah rumah pada 2010.

Saat ini AS menempatkan tak kurang dari 50.000 prajurit di Jepang yang tersebar di beberapa pangkalan militer di seluruh negara itu. EA-6B Prowler adalah modifikasi dari pesawat tempur A-6 Intruder dengan misi khusus menjalankan perang elektronik, seperti mengacak sinyal radar musuh dan mengumpulkan data intelijen elektronik.

Pesawat itu sekaligus menjadi pusat komando dan kendali serangan bagi pesawat tempur lain. Pesawat itu juga dilengkapi persenjataan untuk menghancurkan lokasi radar musuh atau instalasi rudal darat-ke-udara musuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com