Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Flu Singapura Makin Banyak

Kompas.com - 08/02/2012, 14:43 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Penderita flu singapura di Kota Depok, Jawa Barat, semakin banyak.

Dari data Pusat Kesehatan Masyarakat Bojongsari, misalnya, sejak Januari hingga hari ini sedikitnya ada 22 orang yang terserang virus flu singapura. Sementara ini seluruh penderita merupakan bayi di bawah lima tahun atau balita.

"Penyebarannya memang cepat. Di RW 12, Kelurahan Curug, misalnya, kurang dari dua minggu sudah ada delapan penderita. Kami baru tahu setelah ada pendataan langsung ke warga," tutur Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Nur Afiah, Rabu (8/2/2012) di Depok.

Flu singapura merupakan penyakit yang mirip cacar air, namun jenisnya berbeda. Flu singapura, kata Afiah, pernah mewabah di Singapura, sehingga kemudian diberi nama flu singapura.

Flu ini awalnya berkembang di KanTada. anda serangan flu singapura adalah munculnya bintil-bintil merah yang terkonsentrasi pada mulut, tangan, dan kaki.

Penyebaran flu ini semakin pesat saat kondisi udara lembab, apalagi banyak warga yang kondisi tubuhnya sedang lemah.

"Untuk mencegah penularan, sebaiknya pendertia isirahat yang cukup. Sementara bagi yang belum terserang, agar menjaga ketahanan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan bergizi," kata Afiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com