AirAsia Terbang Perdana Kuala Lumpur-Semarang

Kompas.com - 06/02/2012, 13:01 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SEMARANG, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia, hari Senin (6/2/2012) ini menerbangi secara perdana rute andalan terbarunya dari Kuala Lumpur, Ibis Malaysia ke Semarang, Ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

AirAsia sekali lagi menegaskan komitmen untuk melayani rute unik dengan menjadi satu-satunya maskapai yang terbang tiap hari antara Kuala Lumpur-Semarang.  

Penerbangan AK 1310 telah mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan disambut secara meriah oleh Angkasa Pura I. Seluruh penumpang penerbangan perdana disambut dengan bunga ucapan selamat datang. Tingkat keterisian penumpang penerbangan perdana ini mencapai lebih dari 90 persen.

Terkait penerbangan perdana tersebut, Kathleen Tan, Regional Head of Commercial dari AirAsia menyampaikan, "Kami bangga kini Semarang masuk dalam jajaran destinasi kami di Indonesia. Sebagai Ibukota Jawa Tengah, Semarang merupakan destinasi yang unik dan menarik. Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang didukung dengan banyaknya bangunan kolonial yang megah, kuliner yang menggoyang lidah serta wisata kepulauan yang berjarak singkat, menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi bisnis dan wisata unggulan Indonesia".  

AirAsia kini terbang dari Kuala Lumpur ke 14 destinasi di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Solo, Balikpapan, Palembang, Aceh, Pekan Baru, Padang, Makassar dan Semarang.  

Untuk memperkokoh jaringan rute, AirAsia Indonesia, afiliasi dari grup AirAsia, juga akan melayani rute Semarang - Jakarta sebanyak 2x penerbangan per hari. Rute ini akan mulai beroperasi pada 9 Maret 2012.   

Berbicara dalam acara perayaan penerbangan perdana hari ini di Semarang, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi mengatakan, "Sudah sejak lama kami berkomitmen untuk kembali melayani pasar domestik, mengingat pasar internasional kami saat ini sudah cukup matang. Keputusan kami untuk membuka rute Jakarta - Semarang hanyalah sebagian dari upaya guna memenuhi komitmen untuk terus mengembangkan portofolio domestik kami. Jangka panjangnya, AirAsia berharap untuk saling menghubungkan seluruh kota utama dan kota sekunder di Indonesia ke berbagai tujuan internasional yang tergabung dalam jaringan rute kami."  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"AirAsia juga telah menghubungkan dua kota yang berdekatan dengan Semarang; Solo dan Yogyakarta, ke destinasi dalam negeri maupun internasional. Kami yakin kini warga Semarang pun akan menikmati tarif hemat serta kenyamanan layanan kami. Kami harap tarif hemat yang kami tawarkan tidak hanya akan meningkatkan arus kedatangan dan kepergian daridan ke Semarang, namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah," kata Dharmadi.  

Bertepatan dengan penerbangan perdana Kuala Lumpur - Semarang, AirAsia meluncurkan AirAsia Travel & Service Center (ATSC) yang pertama di Indonesia. Berlokasi di Semarang, ATSC merupakan sebuah pusat layanan terpadu yang melayani pemesanan kursi, kamar hotel dan paket wisata, serta berbagai produk AirAsia lainnya, antara lain AirAsia Insure, AirAsia Red Megastore, dan AirAsia RedTix.  

Peluncuran ATSC ini mendukung layanan online dari maskapai yang sebelumnya sudah sangat dikenal melalui www.airasia.com. Kini, memesan kursi kursi hemat, membeli makanan untuk di pesawat, atau memesan bagasi dapat dilakukan secara mudah dengan metode pembayaran yang fleksibel, baik secara tunai maupun melalui kartu kredit.

"ATSC dibangun untuk mewadahi kebutuhan konsumen 'offline' kami - yang memiliki keterbatasan untuk meng-akses www.airasia.com. Ada permintaan yang tinggi dari konsumen segmen ini, terutama dalam sebuah pasar yang baru dibuka seperti Semarang. Dengan dibukanya ATSC, konsumen 'offline' kami dapat turut menikmati penawaran istimewa dari AirAsia," ujar Dharmadi.  

ATSC di Semarang dikelola oleh operator independen, yaitu PT. Nusantara Tour & Travel, yang menerapkan standar pelayanan tinggi secara penuh yang telah ditetapkan oleh AirAsia.

Rencana maskapai untuk terus mengembangkan ATSC secara nasional adalah guna melayani konsumen 'offline' dengan lebih cepat dan nyaman, agar penumpang dapat menikmati tarif hemat, serta berbagai layanan dan produk AirAsia lainnya.   



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.