Keramik Dinding Digital? Dicoba Dulu....

Kompas.com - 06/02/2012, 11:52 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kini, tak hanya kamar mandi dan dapur yang bisa menggunakan keramik pada dindingnya. Teknologi terbaru pun mampu membuat keramik tampil kian menawan untuk diaplikasikan hingga ke ruang-ruang lain di rumah Anda.

Salah satu teknologi tersebut adalah teknik digital printing, yaitu sistem pencetakan dengan tinta khusus dengan teknologi 1000 dpi. Teknologi ini memungkikan keramik tampil dengan beragam motif, seperti batu alam atau bunga, lengkap dengan teksturnya. Hal ini tentu membuatnya semakin menarik diaplikasikan. 

Namun, sedikit berbeda dengan keramik lantai, keramik dinding ini dibuat dengan kekuatan lebih rendah. Alhasil, keramik ini tidak dapat diaplikasikan pada lantai.

Dibandingkan dengan cat atau wallpaper, ubin keramik lebih tahan lama dan mudah dalam perawatannya. Hanya saja, memang, harganya lebih mahal. Keramik dinding biasa berukuran 25 cm x 45 cm misalnya, harganya berkisar Rp 45.000 hingga Rp 90.000 per keping. Sementara untuk "keramik digital" berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 90.000 per lember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.