Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth Rayakan 60 Tahun Bertakhta

Kompas.com - 06/02/2012, 11:46 WIB

Ratu Elizabeth akan memperingati "takhta berlian" atau 60 tahun dirinya bertakhta dengan berbagai acara dalam beberapa bulan mendatang.

Puncak peringatan yang dinamakan Diamond Jubilee ini akan digelar pada bulan Juni. Dalam pesan resmi kepada rakyat Inggris, Minggu (05/02), Ratu mengatakan, ia "sangat tersentuh" oleh dukungan yang diterimanya untuk peringatan ini.

Ratu biasanya memperingati hari wafatnya sang ayah, Raja George IV, secara tertutup, tetapi tahun ini ia akan pergi ke Norfolk untuk menghadiri dua acara di balaikota dan sebuah taman kanak-kanak.

Massa diperkirakan akan berkerumun untuk menyambut sang Ratu, meski cuaca dingin saat ini sedang melanda Eropa, termasuk Inggris.

Hari ini Istana Buckingham akan memublikasikan dua foto resmi sang Ratu dan menggelar upacara militer di Hyde Park, London, yang ditandai dengan 41 tembakan salvo dan 62 tembakan di Menara London.

Prangko Ratu

David Cameron, perdana menteri ke-12 yang menjabat selama 60 tahun Ratu Elizabeth bertakhta, memuji sang Ratu sebagai "sumber kebijakan dan kelanggengan. Dengan pengalaman, harga diri, dan ketenangannya, ia telah memandu dan menyatukan bangsa kita serta Persemakmuran selama enam dekade," kata Cameron.

Salah seorang mantan perdana menteri, John Major, bercerita tentang nasihat-nasihat sang Ratu dalam acara bincang-bincang di BBC, Minggu (05/02).

Major mengatakan, "Sebagian besar anggota kabinet saat ini belum lahir ketika Ratu dilantik. Sehingga hanya ada sedikit sekali hal yang tidak ia lihat atau tidak ia pahami. Dan siapa pun yang tidak mendengarkan pandangan-pandangannya serta meminta nasihatnya telah melewatkan kesempatan yang besar."

Sementara Major, yang mendapat gelar kehormatan Sir, telah meluncurkan yayasan Peringatan Takhta Berlian Ratu Elizabeth untuk menolong mereka yang membutuhkan di seluruh negara anggota Persemakmuran. Fokus yayasan itu adalah membantu pengobatan penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dan mempromosikan pendidikan serta kebudayaan.

Satu set prangko yang menampilkan foto-foto resmi sang Ratu juga akan diluncurkan.

Peringatan akan dimeriahkan dengan serangkaian acara regional, nasional, dan internasional sepanjang 2012 yang puncaknya adalah liburan akhir pekan empat hari di bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com