Ratu Elizabeth Rayakan 60 Tahun Bertakhta

Kompas.com - 06/02/2012, 11:46 WIB
EditorEgidius Patnistik

Ratu Elizabeth akan memperingati "takhta berlian" atau 60 tahun dirinya bertakhta dengan berbagai acara dalam beberapa bulan mendatang.

Puncak peringatan yang dinamakan Diamond Jubilee ini akan digelar pada bulan Juni. Dalam pesan resmi kepada rakyat Inggris, Minggu (05/02), Ratu mengatakan, ia "sangat tersentuh" oleh dukungan yang diterimanya untuk peringatan ini.

Ratu biasanya memperingati hari wafatnya sang ayah, Raja George IV, secara tertutup, tetapi tahun ini ia akan pergi ke Norfolk untuk menghadiri dua acara di balaikota dan sebuah taman kanak-kanak.

Massa diperkirakan akan berkerumun untuk menyambut sang Ratu, meski cuaca dingin saat ini sedang melanda Eropa, termasuk Inggris.

Hari ini Istana Buckingham akan memublikasikan dua foto resmi sang Ratu dan menggelar upacara militer di Hyde Park, London, yang ditandai dengan 41 tembakan salvo dan 62 tembakan di Menara London.

Prangko Ratu

David Cameron, perdana menteri ke-12 yang menjabat selama 60 tahun Ratu Elizabeth bertakhta, memuji sang Ratu sebagai "sumber kebijakan dan kelanggengan. Dengan pengalaman, harga diri, dan ketenangannya, ia telah memandu dan menyatukan bangsa kita serta Persemakmuran selama enam dekade," kata Cameron.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah seorang mantan perdana menteri, John Major, bercerita tentang nasihat-nasihat sang Ratu dalam acara bincang-bincang di BBC, Minggu (05/02).

Major mengatakan, "Sebagian besar anggota kabinet saat ini belum lahir ketika Ratu dilantik. Sehingga hanya ada sedikit sekali hal yang tidak ia lihat atau tidak ia pahami. Dan siapa pun yang tidak mendengarkan pandangan-pandangannya serta meminta nasihatnya telah melewatkan kesempatan yang besar."

Sementara Major, yang mendapat gelar kehormatan Sir, telah meluncurkan yayasan Peringatan Takhta Berlian Ratu Elizabeth untuk menolong mereka yang membutuhkan di seluruh negara anggota Persemakmuran. Fokus yayasan itu adalah membantu pengobatan penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dan mempromosikan pendidikan serta kebudayaan.

Satu set prangko yang menampilkan foto-foto resmi sang Ratu juga akan diluncurkan.

Peringatan akan dimeriahkan dengan serangkaian acara regional, nasional, dan internasional sepanjang 2012 yang puncaknya adalah liburan akhir pekan empat hari di bulan Juni.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.