Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth II Bersiap Rayakan 60 Tahun Bertahta

Kompas.com - 05/02/2012, 21:02 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Di tengah slaju dan udara dingin membeku yang melanda London, dan sebagian besar wilayah Eropa Utara, Ratu Elizabeth II yang kini berusia 85 tahun, Minggu (5/2/2012) tetap ke gereja. Kondisi ini sehari menjelang Ratu Elizabeth hari Senin ini merayakan pesta 60 tahun atau Pesta Berlian menduduki tahta Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth yang mengenakan mantel warna cokelat bersama suaminay Pangeran Philip, merayakan misa di gereja West Newton di Sandringham Estate di Inggris timur.

Setelah menghadiri misi yang berlangsung sekitar satu jam, Ratu Elizabeth sempat menerima kembang dan ucapan selamat dari sejumlah warga ditengah udara dingin membeku.

Ratu Elizabeth menerima mahkota kerajaan Inggris setelah ayahnya Raja George VI meninggal dunia pada 6 Februari 1952. Ratu Elizabeth termasuk ratu yang paling lama memegang tampuk kerajaan Inggris setelah Ratu Victoria yang tercatat menjadi ratu lebih dari 63 tahun.

Salju yang lebat dan dingin yang menggigit menyeliputi seluruh Inggris membuat sejumlah rencana acara Pangeran Philip dibatalkan. Pangeran yang sudah berusia sekitar 91 tahun sedianya akan berpergian ke Kings Lynn guna berpartisipasi dalam parade peringatan 90 tahun Royal British Legion.

Ratu Elizabeth akan melewatkan 6 Februari ini secara pribadi, namun ada dua acara remi yang harus dihadirinya hari Senin ini. Ratu Elizabeth II akan mengunjungi Kings Lynn Town Hall. Dia juga akan melakukan tur ke sekolah perawat lokal termasuk melihat sebuah permainan berkenaan dengan 60 tahun dia memegang tahta Inggris.

Meski demikian, anggota Kerajaan Inggris sepanjang tahun 2012 akan melakukan sejumlah perjalanan resmi mewakili sang Ratu ke sejumlah negara persemakmuran. Pangeran William, cucu Ratu Elizabeth II dari Pengeran Charles dan Putri Diana, bersama istrinya Duchess of Cambridge, akan bepergian ke sejumlah negara Persemakmuran termasuk Kanada, jamaica, dan Belize sebagai bagian dari penghergaan atas perayaan berlian neneknya naik tahta.

Ratu Elezabeth dan Pangeran Philip hanya akan melakukan tur di Inggris Raya antara bulan Maret sampai Juli. Puncak dari perayaan Tahun Berlian Ratu Elizabeth II akan diadakan 2-5 Juni 2012 antara l;ain berupa parade kapal-kapal unik dan cantik di Sungai Thames yang kemungkinan diikuti 1.000 kapal dari berbagai negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com