Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Besar-besaran Disiapkan

Kompas.com - 04/02/2012, 03:45 WIB

London, Jumat - Rangkaian perayaan besar-besaran selama lima bulan untuk memperingati 60 tahun Ratu Elizabeth II naik takhta dimulai pekan depan. Berbagai acara perayaan disiapkan, tidak hanya di dalam Inggris, tetapi juga di negara-negara Persemakmuran di seluruh dunia.

Rangkaian Peringatan Berlian (Diamond Jubilee) ini akan dimulai hari Senin (6/2), saat Ratu Elizabeth II mengunjungi Norfolk di Inggris timur.

Pada 6 Februari 1952, ayah Elizabeth, Raja George VI, meninggal dunia mendadak. Secara otomatis, Elizabeth, yang waktu itu baru berusia 25 tahun, diangkat sebagai ratu Inggris. Adapun upacara penobatan sebagai ratu berlangsung di Gereja Westminster Abbey, 2 Juni 1952.

Periode waktu di antara dua tanggal tersebut pada tahun ini akan diisi berbagai acara peringatan. Pihak Istana Buckingham menegaskan, Ratu Elizabeth telah memerintahkan bahwa tak perlu ada penggunaan uang negara yang berlebihan untuk berbagai acara perayaan.

Bahkan, acara Senin nanti disebut pihak Istana sebagai ”kunjungan rutin” oleh Ratu ke kota King’s Lynn untuk meninjau sebuah sekolah. Ratu Elizabeth telah melakukan kunjungan semacam ini ribuan kali sebagai bagian dari tugasnya sebagai ratu meski keluarga Kerajaan Inggris mulai mengkhawatirkan kondisi fisik Elizabeth yang sudah berusia 85 tahun.

Namun, tetap saja berbagai acara perayaan besar-besaran akan digelar. Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, seluruh rangkaian acara Peringatan Berlian ini hanya menghabiskan dana yang kecil jika dibandingkan dengan biaya penyelenggaraan Olimpiade London bulan Juli-Agustus nanti.

”Ini akan menjadi tahun saat Inggris melihat dunia dan dunia melihat Inggris,” ujar Cameron, yang mendesak seluruh rakyat Inggris memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Awal Maret, Elizabeth akan mengawali perjalanan keliling ke wilayah Inggris, yakni Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Pada 20 Maret, Ratu akan berpidato di parlemen Inggris untuk mengungkapkan berbagai pencapaian selama ia bertakhta.

Bulan Mei, sekitar 500 ekor kuda dan 900 orang akan dilibatkan dalam Parade Peringatan Berlian di pelataran Puri Windsor selama tiga malam. Para pengunjung dijanjikan akan menyaksikan festival yang penuh ragam gerak, bunyi, dan warna.

Puncak perayaan Peringatan Berlian ini akan berlangsung 2-5 Juni 2012, yang ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah Inggris. Acara akan dimulai dengan balapan kuda Epsom Derby pada 2 Juni, yang akan diikuti oleh kuda kesayangan Ratu Elizabeth II.

Keesokan harinya, sekitar 1.000 kapal, mulai dari perahu kayu sampai kapal perang, akan mengikuti pawai yang dipimpin Ratu Elizabeth di sepanjang Sungai Thames, London. Pada saat bersamaan di seluruh Inggris akan digelar pesta kebun massal atau ”Big Lunch”.

Tanggal 4 Juni, lampu-lampu suar akan dinyalakan di seluruh dataran tinggi di Inggris dan negara-negara Persemakmuran di seluruh dunia sebelum digelar ibadat syukur di Katedral St Paul, London. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com