Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan di PBB Soal Suriah Macet

Kompas.com - 03/02/2012, 09:56 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Perundingan tentang rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk penindasan pemerintah di Suriah macet lagi Kamis (2/2/2012) waktu setempat, kata sejumlah diplomat, kendati ada upaya untuk memuaskan keprihatinan Rusia.

Pertemuan tersebut "tak terlalu baik", kata Duta Besar India untuk PBB, Hardeep Singh Puri, setelah pembicaraan sehari tak menghasilkan kesepakatan mengenai cara menanggapi pertumpahan darah di Suriah, yang telah menewaskan lebih dari 5.400 orang. Sementara Duta Besar China untuk  PBB, Li Baodong, yang bersama Rusia meragukan perlunya resolusi keras PBB, mengatakan, "Kami sudah dekat, tapi belum sampai di sana." "Konsultasi lebih lanjut diperlukan," kata Li.

Badan PBB itu telah terpecah selama beberapa hari mengenai rancangan resolusi yang diajukan bersama oleh Liga Arab dan Eropa yang menyerukan diakhirinya penindasan dan awal perubahan politik di negeri tersebut.

Kamis pagi, sejumlah diplomat mengatakan, mereka telah membuat konsesi utama bagi Rusia dengan mengubah rancangan untuk menghilangkan seruan bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad meletakkan jabatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com